Minggu, 24 April 2011

Usaha Warung Kopi


Modal               : Rp 12 juta
Balik Modal       : < 3 Bulan
Keuntungan Perbulab : Rp 5,1 juta


Kunci Sukses : Citarasa yang terjaga serta Lokasi strategis.
Daya Tarik :
Ceruk bisnis ini tiada matinya. Banyak orang suka kumpul-kumpul.
Minuman favorit mereka adalah Kopi….

Bagaimana Memulai Usaha ini ?
            Usaha warung kopi masih memliki pamor meski saat ini Coffeeshop sudah banyak bak cendawan dimusim hujan. Pasar yang dibidik pun beragam usia, mulai ABG, mahasiswa, pekerja muda hingga orang tua. Maklum sejak jaman kuda menggitit besi, segelas kopi adalah racikan minuman yang sudah digemari banyak orang. Nah, kalau sekarang dikemas dengan istilah blended atau dengan topping ini itu, itulah identitas jaman, siapapun meminum kopi.

Dimana Lokasi yang Pas untuk Usaha ini..?
            Dimanapun…! Asal konsep warung kopi anda ini menarik, anda pasti akan diburu oleh pembeli. Tentu saja, kalau anda ingin mendekatkan diri pada Mahasiswa, tentunya warung kopi anda harus dekat dengan kampus atau hunian mahasiswa. Kalau anda ingin menyasar segmen pekerja, anda bisa membikin dipusat perbelanjaan dengan investasi yang lebih tinggi.

Berapa Modal yang Mesti Disiapkan…?
Tergantung konsep yang anda bikin. Layaknya kualitas kopi yang memiliki grade atau tingkatan yang paling rendah hingga tinggi,begitu juga membuka usaha warung kopi ini. Modal sangat tergantung dengan konsep yang hendak anda bikin. Kalau mau sederhana saja, bisa kurang dari Rp 15 juta. Itupun minus sewa tempat. Anda akan habis modal untuk membeli bangku dan perlengkapan lainnya saja.
Kalau anda membikin warung kopi yang digenapi dengan perpustakaan, jadi seperti Cffeeshop-library-bookstore, modalnya juga lain lagi. Setidaknya bakal menggerus Rp 40 juta daro kocek kita. Tentu saja konsep-konsep yang begini harus disesuaikan dengan segmen pasar yang akan disasar. Kalau pekerja, mungkin sudah makas untuk membaca buku. Datang ke warung kop hanya untuk kongkow dan ngobrol dengan teman-teman. Lain halnya kalau mahasiswa. Bisa jadi warung kopi yang begini laris manis. Ini adalah nilai plus bagi warung kopi tersebut.

Bagaimana mendesai event di warung kopi untuk menarik pengunjung…?
Sebaiknya, berhitung dengan pasar yang kita punya, misalnya mahasiswa yang gemar diskusi dan berdebat biasanya meyukai forum-forum diskusi. Nah..kesempatan ini bisa digunakan untuk menggaet pengunjung sebanyak mungkin untuk membikin forum diskusi kecil-kecilan diwarung kopi kita. Bisa dengan mengundang beberapa sumber yang tak harus tenar, tetapi cukup berkualitas. Bila perlu yang juga memiliki rasa humor yang tinggi. Selain diskusi menjadi hidup juga tidak menjemukan.

SIMULASI BISNIS WARUNG KOPI
Modal Awal



Belanja peralatan (coffeemaker, kulkas, chiller dll
 Rp      7.000.000

Modal Kerja Awal

 Rp      5.000.000


Total modal kerja
 Rp    12.000.000
Pengeluaran Sebulan



Logistik Bulanan
 Rp      1.000.000

Gaji karyawan 2 orang x Rp 750.000
 Rp      1.500.000

Listrik, Air dan Telpon

 Rp        800.000


 Total Pengeluaran Sebulan 
 Rp      3.300.000
Pendapatan Sebulan


Penjualan 40 gelas per hari @ Rp 7.000 x 30 hari
 Rp      8.400.000
Keuntungan



Rp   8.400.000  -  Rp  3.300.000   =
 Rp      5.100.000
Balik Modal


Rp 12.000.000  :  Rp  5.100.000
 =  < 3 bulan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar