Minggu, 24 April 2011

Usaha Warnet



Warnet merupakan usaha menyediakan jasa/layanan kepada pihak ketiga/pengguna berupa akses internet sehingga pengguna dapat berkomunikasi dan mencari informasi yang dibutuhkan. Untuk memulai usaha warnet harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Lokasi

Lokasi merupakan hal pertama yang kita pertimbangkan dalam memulai usaha warnet. Kenapa?karena kalau di lokasi sekitar warnet tersebut tidak ada user yang potensial, maka warnet kita akan sepi, dan akhirnya target pendapatan tidak tercapai. Tempat yang biasa dipilih diantaranya berdekatan dengan sekolah/perguruan tinggi, tempat keramaian misal di mall atau di cafe. Warnet berdekatan dengan sekolah akan lebih baik, karena biasanya selain akses internet yang mereka butuhkan banyak kebutuhan lain yang muncul, misal print foto, pengetikan, scan foto, isi games atau musik ke handphone, pencarian materi untuk tugas dan lain-lain. Namun kelemahannya kalau dekat sekolah apabila saat liburan tiba, maka pendapatan trendnya menurun, hal ini dialami sendiri oleh saya hehehe....tapi ya namanya usaha, khan ada turun naiknya ya...masak mau di atas terus ...hehehe

Komputer (Hardware & Software)
Komputer disesuaikan dengan budget kita dan tujuan kita, maksudnya apakah warnet kita menyediakan layanan internet saja ataukah dengan games onlinenya juga. Untuk games online spesifikasi komputernya lebih tinggi,berkisar sekitar 2,5 - 3 juta per unitnya. Apabila untuk akses internet aja komputer Pentium III juga sudah cukup, tinggal kita tambah memorinya supaya tidak terlalu lambat. Atau memakai alternatif CPU yang berprosesor AMD. Oh ya selain hardware diperhatikan juga softwarenya, apakah mau memakai Microsoft Windows (berlisensi) ataukah yang Opensource. Untuk windows kita harus menambah budget untuk membeli lisensi, yang per unitnya mencapai rp. 800 ribu.Lebih ekonomis apabila menggunakan Open Source (Linux), namun tidak semua user terbiasa dengan sistem operasi ini.
Internet Service Provider (ISP)
Pemilihan ISP sangat menentukan dalam usaha warnet, sisi kualitas koneksi, kestabilan koneksi dan harga menjadi hal yg perlu diperhatikan. Sesuaikan pemilihan akses internet dengan perhitungan kita. Untuk jumlah client 5-15 unit bisa dengan memilih produk Telkom, Speedy. Namun apabila menginginkan kualitas yang lebih mumpuni dapat memilih provider lainnya yang berbasis wireless. Untuk koneksi VSAT(satelit) biasanya digunakan oleh daerah yang tidak terjangkau koneksi internet wireless dan via kabel telepon. Untuk koneksi VSAT biaya yang diperlukan lebih besar karena adanya penambahan alat berupa parabola VSAT.



Desain Ruangan
Warnet identik dengan diperlukannya ruang privasi. Untuk itulah perlu dipikirkan konsep desain warnet yang diinginkan, yang sekiranya nyaman untuk konsumen. Kalo menurut saya,minimal sekat menutupi monitor sudah cukup, namun kalo budget memungkinkan, bisa dibuat seperti kamar-kamar kecil atau ruang-ruang kecil. Namun ruang terlalu tertutup dikhawatirkan terjadi penyimpangan penggunaan.Sesuaikan desain anda dengan budgetnya.


Pemasaran Warnet
Apabila hal-al tersebut di atas sudah terpenuhi dan sudah berjalan dengan baik, maka saatnya fungsi pemasaran dilakukan. Banyak cara memasarkan jasa warnet diantaranya melalui media pamflet, radio, promo ke sekolah-sekolah, terus pasang plang atau spanduk yang menarik di depan warnet. Sehingga dapat menarik konsumen. Oh ya masalah harga juga sangat penting, lihat pesaing anda berapa harga per jamnya, serta insentif apa saja yang ditawarkan.


Operator yang ramah, jujur, Menguasai dasar komputer dan internet
Seringkali konsumen tidak melihat dari mahalnya harga akses internet, namun mereka melihat dari sisi pelayanan yang diberikan oleh Operator. Operator sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan konsumen harus memiliki sifat sabar, ramah, dan memahami kemauan konsumen, dan jangan lupa lengkapi diri operator dengan pengetahuan komputer dan internet yang memadai. 



Jika anda masih ragu akan peluang usaha warnet ini berikut akan kami ilustrasikan Perhitungan Keuntungan Usaha Warnet / Cara menghitung keuntungan warnet. Dalam kasus ini kami ilustrasikan anda memiliki 11 unit komputer dengan perincian 10 unit diperuntukan untuk di sewakan dan 1 unit diperuntukan untuk operator.

Perhitungannya adalah :
Dalam 1 hari terdapat 24 jam dan warnet anda beroprasi selama 24 jam. Jika Peak Load sebuah warnet dalam sehari adalah 15 jam yang artinya setiap unit komputer terjual @15 jam sehari dengan harga Rp 3500/jam maka dapat dihitung :

Peak Load Rata-rata 15 jam perunit (High Income)
15 x 3500 x 10 = 525.000 (keterangan 15 adalah peak load PC, 3500 adalah harga perjam dan 10 adalah jumlah unit komputer yang tersedia) hitungan kotor perhari adalah anda akan mendapatkan revenue / income sebesar 525.000 sehari yang jika dikalikan sebulan maka akan mencapai Rp 15.750.000

Peak Load Rata-rata 10 jam perunit (Medium Income)
10 x 3500 x 10 = 350.000 (keterangan 10 adalah peak load PC, 3500 adalah harga perjam dan 10 adalah jumlah unit komputer yang tersedia) hitungan kotor perhari adalah anda akan mendapatkan revenue / income sebesar 350.000 sehari yang jika dikalikan sebulan maka akan mencapai Rp 10.500.000

Peak Load Rata-rata 7 jam perunit (Low Income)
7 x 3500 x 10 = 245.000 (keterangan 7 adalah peak load PC, 3500 adalah harga perjam dan 10 adalah jumlah unit komputer yang tersedia) hitungan kotor perhari adalah anda akan mendapatkan revenue / income sebesar 245.000 sehari yang jika dikalikan sebulan maka akan mencapai Rp 7.350.000

Perhitungan Cost perbulan
Biaya internet +- 1 mbps (speedy) = Rp 650.000/bln atau Fastnet 3 mbps = Rp 655.000/bln
Biaya Listrik Rata-rata Rp 500.000,- (dengan AC 1 PK + 1 Kipas Angin + 1 Sosfan + 11 Unit CPU)
Gaji 2 orang karyawan (termasuk uang makan) Rp 1000.000/bln
Total Cost adalah : 655.000 + 500.000 + 1000.000 = 2.155.000 /bulan digenapkan menjadi 2.500.000 perbulan maka dengan demikian anda dapat mendapatkan gambaran berapa keuntungan bersih yang akan anda peroleh dari usaha warnet ini.
Jika anda mempercayakan pengerjaan pembuatan warnet pada kami anda bukan saja akan mendapatkan sesuai perhitungan seperti diatas tapi juga akan mendapatkan tambahan penghasilan tambahan dari yang dapat anda dapatkan seiringan dengan usaha warnet tersebut. Dengan demikian anda akan mendapatkan double keuntungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar